Ini Dia Jawara Foto National Geographic 2012


THE EXPLOSION! ( Ashley Vincent/National Geographic Photo Contest)
Jakarta - Dokumentasi seekor macan yang tengah mengeringkan badan berhasil menyabet rangking tertinggi di kompetisi foto bergengsi National Geographic. Di antara deretan pemenang lainnya, terdapat juga foto yang diambil di salah satu kota di Tanah Air.



Ya, kontes fotografi National Geographic 2012 telah menemukan pemenangnya yang dipilih dari sebanyak lebih dari 22 ribu entri yang masuk.

Total ada lebih 150 negara yang berpartisipasi dalam perlombaan tersebut. Ada 3 kategori yang dilombakan di sini yakni people, place dan nature.

Dilansir dari Imaging-resource, Kamis (10/1/2013), pemenangnya dipilih berdasakan kreativitas dan kualitas foto oleh para ahli di bidangnya, termasuk fotografer nature Christian Ziegler dan fotografer dokumenter Gerd Ludwig serta Debbie Fleming Caffery.

Sang pemenang, yakni Ashley Vincent yang fotonya bisa ditilik di atas, berhak menerima uang senilai USD 10.000 dan perjalanan ke markas besar NG di Washington, D.C untuk mengikuti seminar tahunan National Geographic Photography.

Menyabet Grand Prize Winner dan juara 1 untuk Place/Nature, Vincent mengambil fotonya tersebut di kebun binatang Kheow Open Zoo, Thailand.

Subyek yang ia bidik bernama Busaba. Vicent sudah berkali-kali mengambil gambar portrait dari macan ini sebelum akhirnya ia benar-benar menemukan momentum yang pas dan berbeda, seperti yang selama ini ia inginkan.

"Kesempatan itu akhirnya datang saat melihat Busaba menikmati kolam pribadinya lantas menggoyang-goyangkan badan agar kering," tutur Vincent.

Kemudian di peringkat 1 untuk kategori Place adalah foto 'The Matterhorn' karya Nenad Saljic yang diambil dari ketinggian 4478 meter saat bulan purnama.


(Nenad Saljic/National Geographic Photo Contest)

Sedang juara 1 di kategori Place/People adalah foto bertajuk Amongst The Scavengers ini. "Di penghujung hari, wanita-wanita diperbolehkan memungut (sampah-red) di tempat pembuangan," demikian caption sang fotografer Micah Albert untuk fotonya berikut.



(Micah Albert/National Geographic Photo Contest)

Seperti yang disinggung di atas, salah satu foto yang juga menyita perhatian dewan juri adalah foto yang diambil di salah satu kota di Indonesia, tepatnya di Bekasi.

Foto yang menggugah perasaan ini diabadikan oleh Wendell Phillips di Yayasan Galuh Rehabilitation Center, pusat rehabilitasi untuk penderita gangguan mental yang menampung lebih dari 250 pasien. Disebutkan dalam keterangan foto bahwa lebih dari sepertiga pasien di sini dibelenggu dengan rantai.


(Wendell Phillips/National Geographic Photo Contest)

Adapun karya pemenang lainnya bisa ditilik secara lengkap di tautan berikut.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar !