Pengalaman Mengerjakan Soal Psikotes Dalam Penjurusan SMA

Kali ini saya selaku pemilik Sentra Edukasi dan Informasi Blog  akan berbagi pengalaman saya yang tidak akan terlupakan tentang soal Psikotes. Saya mengerjakan soal psikotes yang di adakan untuk penjurusan SMA nanti. Saya masih kelas X SMA di daerah Bogor Timur, tepatnya di SMAN 1 JONGGOL. Langsung saja, Pengalaman Mengerjakan Soal Psikotes Dalam Penjurusan SMA



Psikotes ini di adakan pada hari minggu tanggal 27 Januari 2013. Saya memang baru belajar soal psikotes 1 minggu sebelum di adakan psikotes ini. Saya belajar dari Internet dan ngobrol sama kaka kelas yang pernah merasakan psikotes ini. Katanya sih gak perlu belajar, yang penting harus sehat jasmani dan rohani, dan yang pasti jangan Galau deh.

Jam sudah menunjuk pukul 07.15 WIB. Saya pun langsung pergi ke sekolah. Perjalanan dari rumah saya ke sekolah memang cukup dekat , kurang lebih hanya 7 menit. Pukul 07.22, saya sampai di pintu gerbang sekolah dan langsung menuju kelas. Teman-teman saya pun tampak ceria di pagi itu. Tidak lama, petugas dari lembaga psikotes itu datang. Kami pun berdo'a dan memberi salam kepadanya. Tidak buang-buang waktu, dia pun memberikan selembaran kertas soal dan jawaban. Ketika saya melihat soal-soal itu , Waaaw , hati saya langsung bergetar. Kalau tidak salah ada lebih dari 300 soal, tetapi di bagi bagian-bagiannya.

Bagian pertama, kami di berikan soal tentang logika. Ada 15 soal dan di kerjakan dalam waktu 10 Menit. Dan yang paling parahnya lagi, soalnya seperti kereta. Waktu pun habis , dan saya hanya menyelesaikan 11 soal. huft :( sedih memang.

Di bagian kedua , kami diberikan soal aritmatika. Ada 20 soal dan di berikan waktu 8 menit. Gilaaa , sadis banget ya pengawasnya. Tapi kalau soal aritmatika ini sudah tidak asing lagi di otak saya. Karena hanya bilangan berderet saja. Walaupun waktunya hanya 8 menit , saya bisa mengerjakan 10 soal :D *bangga.

Di bagian ketiga , kami di berikan kebebasan berimajinasi untuk menggambar, tentu tidak sembarangan menggambar. Jadi kita di berikan kotak yang berisi sebuah garis mapun titik yang bervariasi, dan kita hanya meneruskan garis atau titik tersebut. Misalnya ada kotak yang berisi satu titik di tengah, kita bisa gambar titik itu menjadi sebuah roda dan jam dinding.Tergantung imajinasi kita sendiri. Dan alhasil saya bisa mengerjakan semua soal dengan tenang, karena tidak ada batas waktu. Sehabis soal ini , kita di berikan waktu istirahat 20 menit. Lumayan, untuk me-reload otak hahaha.

Di bagian keempat , ada lebih dari 250 soal. Kita hanya memilih antara A dan B, seperti memilih pekerjaan yang paling di sukai dan memilih salah satu dari 2 pernyataan tentang apapun. Alhamdulilah soal ini pun bisa saya babat habis, karena tidak ada batas waktu.Soal ini pun menjadi penutup psikotes ini. Dan semoga hasil yang saya dapat dari psikotes ini memuaskan dan berhasil masuk ke jurusan IPA amiiin.

4 comments:

  1. sudah dibuka kah hasil penjurusannya? masuk mana nih?

    ReplyDelete
  2. soal aritmatika,sm logikanya susah g?
    kayak gimana contohnya?
    terus kamu masuk IPA g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kalo otak kita cepat mencerna maksud dari soalnya, pasti mudah. kalo untuk contoh silakan cari di google. Alhamdulillah saya masuk Ipa

      Delete

Silahkan berkomentar !