6 Planet Yang Layak Huni

Lebih dari 600 planet ekstrasolar telah ditemukan. Beberapa di antaranya memiliki kondisi yang sangat cocok untuk tempat persemaian kehidupan. Berikut beberapa planet yang mungkin menopang makhluk hidup.
 
1. Gliese 581d
Waktu penemuan: 24 April 2007
Massa: 5,6 massa Bumi
Periode orbit: 67 hari
 


Gliese 581d

Dari sudut pandang kosmis, planet yang terletak 20 tahun cahaya dari Bumi ini amat dekat. GLiese 581d memiliki posisi istimewa karena terletak di tepian zona layak huni bintang induknya, sebuah bintang katai merah.
Planet ini cukup hangat dan basah, sehingga menjadi lahan yang tepat untuk bersemainya kehidupan. Atmosfer karbon tebal mengelilingi planet ini dan memberikan perlindungan bagi permukaannya.



2. Gliese 581g
Waktu penemuan: 29 September 2010
Massa: 3,1 massa Bumi
Periode orbit: 36 hari
Bumi dan Gliese 581g

 Saat ditemukan tahun lalu Gliese 581g tampak sebagai kandidat terbaik untuk planet mirip Bumi. Planet ini berada dalam sistem yang sama dengan Gliese 581d yang telah diketahui sebelumnya. Planet bermassa tiga kali Bumi ini berada di dalam zona layak huni dan mungkin memiliki atmosfer.
Penelitian lebih lanjut menunjukkan jejak yang terekam pada penelitian sebelumnya bukan berasal dari planet baru. Karena itu diperkirakan planet ini mungkin tidak pernah ada.

3. GJ 1214b
Waktu penemuan: 16 Desember 2009
Massa: 6,5 massa Bumi
Periode orbit: 1,5 hari
 
GJ 1214b

Planet ini disebut-sebut sebagai "dunia air", dan terletak 42 tahun cahaya dari bumi. Sebuah bintang katai merah bermassa seperlima massa matahari bercokol di jantung sistem, memberikan energi bagi planet ini.
Keunikan planet ini adalah seluruh permukaannya digenangi oleh air. Permukaan air dikelilingi oleh atmosfer beruap yang tebal dan awan hidrogen. Perhitungan terhadap unsur kimia menunjukkan planet ini mungkin ditinggali kehidupan. Massa planet sebesar 6,5 kali Bumi dengan diameter 2,7 kali lebih besar membuat planet ini disebut sebagai superbumi.

4. HD 209458b (Osiris)
Waktu penemuan: 5 November 1999
Massa: 218 massa Bumi
Periode orbit: 3,5 hari
 
HD 209458b

Planet ini terjarak 150 tahun cahaya dari Bumi. Atmosfer yang mengelilinginya diperkirakan mengandung uap air dan beberapa elemen organik yang juga dimiliki Bumi purba. Elemen ini menjadi adonan penting dalam pembentukan kehidupan.
Sayangnya, planet ini sangat dekat dengan bintang induknya, sehingga terlalu panas untuk ditinggali. Pun dengan kondisi planet yang berupa gas, sehingga tidak memiliki daratan.

5. Kepler-10b
Waktu penemuan: 10 Januari 2011
Massa: 4,5 massa Bumi
Periode orbit: 20 jam
Kepler-10b 
Andai terletak sedikit lebih jauh dari bintang induk, Kepler-10b bisa saja menyimpan kehidupan. Planet yang ditemukan pada 2011 ini pernah disebut sebagai bukti bahwa planet batuan seperti Bumi bisa tercipta di sekitar bintang lain. Karena itu Kepler-10b juga menjadi mata rantai penelitian ilmu keplanetan.Elemen pendukung kehidupan seperti air dan atmosfer tak berlimpah di planet ini. Kondisi ini membuat planet ini sulit menjadi tempat munculnya kehidupan.

6. HD 85512b
Waktu penemuan: 17 Agustus 2011
Massa: 3,6 massa Bumi
Periode orbit: 54 hari
HD 85512b
 Planet yang baru ditemukan ini terletak 36 tahun cahaya dari bumi. Massanya yang cukup moderat, yaitu 3,6 kali massa Bumi, membuat planet batuan ini bisa menyimpan atmosfer. Penelitian lebih jauh mengungkap H2O, CO2, dan N2 bisa muncul di atmosfer planet.Jarak planet ke bintang induk juga berada di tepian zona layak huni. Banyaknya kondisi menguntungkan ini membuat planet HD 85512b sebagai tempat paling mungkin menyimpan kehidupan.

6. Kepler-22b
Waktu penemuan: Desember 2011
Massa: 2,4 massa Bumi


Hampir semua karakteristik Bumi ada pada Kepler-22b. Tak mengherankan bila pakar astronomi menjuluki planet baru ini sebagai kembaran Bumi.
Planet ini, yang ditemukan observatorium antariksa NASA, Kepler, mengitari satu bintang, yang juga amat mirip dengan matahari kita. Bintang ini tergolong sebagai bintang kelas G yang sangat mirip dengan matahari. Begitu pula dengan jarak antara bintang dan planetnya.

Nah, itulah 6 Planet Yang Layak Huni semoga menambah wawasan anda tentang artikel 6 Planet Yang Layak Huni

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar !