Sejarah dan Kompetensi Keahlian SMKN 1 GUNUNG PUTRI

Buat kalian yg mau tau tentang SMKN 1 GUNUNG PUTRI, kali ini Sentra Edukasi dan Informasi mau kasih informasi Sejarah dan Kompetensi Keahlian yg ada di SMKN 1 Gunung Putri dulu. Untuk yg lainnya bakalan ane kasih lagi dipostingan selanjutnya. Semoga Bermanfaat ya :)

 
I. SEJARAH



SMKN 1 Gunung Putri, Skiel,  Sekolah di Bogor, Sekolah di Bogor Timur, SMA di Bogor, SMA di Bogor timur

SMK Negeri 1 Gunung putri atau yg biasa disebut SKIEL(Sekolah Kimia Instrumentasilogam Elektro Las) , dibangun tahun 1996 diatas tanah seluas 30.000 meter persegi (3 hektar) merupakan tanah hibah dari pemerintah daerah TK II Kab. Bogor. Pembangunan didanai oleh pemerintah Indonesia melalui proyek Vocational Teknik (VOTECH) LOAN ADB-1319-INO senilai Rp. 1.3 Milyar. Luas bangunan keseluruhan adalah 10.000 atau sepertiga kali luas tanah. Memakan waktu 210 hari sesuai kesepakatan antar proyek dengan pemegang tender. Kemudian pada tahun pelajaran 1997—1998 mulai di laksanakan operasional sekolah.

SMKN 1 Gunung Putri, Skiel,  Sekolah di Bogor, Sekolah di Bogor Timur, SMA di Bogor, SMA di Bogor timur 

Kepala sekolah yang pertama kali menangani SMK Negeri 1 Gunung putri adalah Drs. Dedi Kusnendar yang juga sebagai site manager pembangunan SMK Negeri 1 Gunung putri untuk pengurusan administrasi, UPT dan penegrian sekolah serta IMB dibantu oleh Drs. Joko Mustiko, yang sekaligus menjabat sebagai wakil kepala sekolah. Dan dari tangan beliau lahir logo sekolah yang pertama kali digunakan oleh SMK Negeri 1 Gunung putri. Sedangkan logo yang sekarang dipakai adalah logo hasil karya siswa SMK Negeri 1 Gunung putri.

Adapun SMK Negeri 1 Gunung Putri telah resmi mendapat legalitas dari pemerintah RI berdasarkan SK Mendikbud No. 170/0/1997. SMK Negeri 1 Gunung putri pada awalnya membuka dua jurusan/bidang keahlian yaitu :

1. Program keahlian : Kimia Industri
2. Program keahlian : Instrumentasi logam dan gelas

Dan pada tahun 2002 membuka 2 program keahlian yang baru yaitu :

3. Program keahlian : Teknik Pengelasan
4. Program keahlian : Teknik Elektronika Industri

Sehingga  sekarang terdapat 4 jurusan / program keahlian. Dan khusus untuk poin 2 merupakan jurusan/program keahlian satu-satunya di Indonesia.


II. PROGRAM KEAHLIAN(JURUSAN)


1. Teknik Pengelasan
BIDANG STUDI KEAHLIAN         :   TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :   TEKNIK MESIN
KOMPETENSI KEAHLIAN            :   TEKNIK PENGELASAN (015)

A. TUJUAN :

Tujuan Program Keahlian Instrumentasi Logam secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa  pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Las adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  1. Menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan
  1. Bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang teknik las, serta mampu beradaptasi / mengembangkan potensi dalam lingkup bidang keahlian teknik mesin.
  1. Memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang teknik las, serta lingkup bidang keahlian teknik mesin
B STRUKTUR KURIKULUM

KELOMPOK MATA PELAJARAN NORMATIF
  1. Pendidikan Agama
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Bahasa Indonesia
  1. Pendidikan Jasmani,  Olah Raga dan Kesehatan
  1. Seni Budaya
KELOMPOK MATA PELAJARAN ADAPTIF
  1. Matematika
  1. Bahasa Inggris
  1. Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Fisika
  1. Kimia
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial
  1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
  1. Kewirausahaan
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Menjelaskan dasar kekuatan bahan dan komponen mesin
  1. Menjelaskan prinsip dasar kelistrikan dan konversi energi
  1. Menjelaskan proses dasar perlakuan logam
  1. Menjelaskan proses dasar teknik mesin
  1. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Membaca gambar teknik
  1. Menggunakan perkakas tangan
  1. Menggunakan perkakas bertenaga/operasi digenggam
  1. Melakukan pekerjaan dengan mesin umum
  1. Melakukan rutinitas pengelasan dengan menggunakan proses las busur manual
  1. Mengelas dengan proses las Oksigen-Asetilen (Las Karbit)
  1. Mengelas dengan proses las MIG (GMAW)
  1. Mengelas dengan proses TIG (GTAW)
  1. Menyolder dengan kuningan dan/atau perak (brazing & brazz welding)
  1. Mengelas tingkat lanjut dengan proses las busur manual
  1. Mengelas tingkat lanjut dengan proses las MIG (GMAW)
  1. Mengelas tingkat lanjut dengan proses las TIG (GTAW)
  1. Mengoperasikan mesin-mesin las otomatis
  1. Memahami prinsip-prinsip pengelasan
  1. Melakukan pemeriksaan dan pengujian hasil las
MUATAN LOKAL
  1. Bahasa Sunda
  1. Pendidikan Lingkungan Hidup
  1. Menggunakan mesin untuk operasi Dasar
  1. Mengoprasikan Mesin umum


2. Teknik Instrumentasi Logam


BIDANG STUDI KEAHLIAN         : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :  INSTRUMENTASI INDUSTRI
KOMPETENSI KEAHLIAN            :  TEKNIK INSTRUMEN LOGAM (049)

A. TUJUAN :

Tujuan Program Keahlian Instrumen Logam secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa  pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Instrumentasi Logam adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  1. Melakukan pekerjaan baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang pengoperasian, perakitan/pemasangan, pemeliharaan, perbaikan dan pengkalibrasian alat-alat (instrumen)  berbasis logam
  1. Memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam bidang instrumen logam
B STRUKTUR KURIKULUM

KELOMPOK MATA PELAJARAN NORMATIF
  1. Pendidikan Agama
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Bahasa Indonesia
  1. Pendidikan Jasmani,  Olah Raga dan Kesehatan
  1. Seni Budaya
KELOMPOK MATA PELAJARAN ADAPTIF
  1. Matematika
  1. Bahasa Inggris
  1. Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Fisika
  1. Kimia
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial
  1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
  1. Kewirausahaan
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  1. Memahami bahan logam dan bukan logam
  1. Menggambar teknik dasar
KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Mengambar rancangan instrumen logam
  1. Mengukur besaran dimensi dan massa dengan instrumen logam
  1. Mengidentifikasi besaran proses dengan instrumen logam
  1. Mengontrol besaran proses instrumen logam
  1. Membuat komponen instrumen logam dengan perkakas tangan
  1. Membuat komponen instrumen logam dengan mesin bubut
  1. Membuat komponen instrumen logam dengan mesin frais
  1. Merakit komponen instrumen logam ukur
  1. Merencanakan pemasangan instrumen logam kontrol
  1. Memasang instrumen logam kontrol
  1. Mengkalibrasi instrumen logam
  1. Memelihara perkakas dan peralatan pembuatan instrumen logam
  1. Memelihara instrumen logam
  1. Memperbaiki perkakas tangan pembuatan instrumen logam
  1. Memperbaiki peralatan pembuatan instrumen logam
  1. Memperbaiki instrumen logam ukur
  1. Memperbaiki instrumen logam kontrol
  1. Menerapkan pengendalian mutu
MUATAN LOKAL
  1. Bahasa Sunda
  1. Pendidikan Lingkungan Hidup
  1. Membuat instrumen gelas sederhana
  1. Memasang instalasi listrik sederhana
  1. Melaksanakan Prosedur Pengelasan, Pematrian, Pemotongan dengan panas dan pemanasan




3. Teknik Elektonika Industri
BIDANG STUDI KEAHLIAN       :    TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN  :    TEKNIK ELEKTRONIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN         :    TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI (065)

A. TUJUAN :

Tujuan Program Keahlian Teknik Elektronika Industri secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa  pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Elektronika Industri adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam Program Keahlian Teknik Elektronika Industri agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  1. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Program Keahlian Teknik Elektronika Industri.
B STRUKTUR KURIKULUM

KELOMPOK MATA PELAJARAN NORMATIF
  1. Pendidikan Agama
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Bahasa Indonesia
  1. Pendidikan Jasmani,  Olah Raga dan Kesehatan
  1. Seni Budaya
KELOMPOK MATA PELAJARAN ADAPTIF
  1. Matematika
  1. Bahasa Inggris
  1. Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Fisika
  1. Kimia
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial
  1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
  1. Kewirausahaan
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Menerapkan dasar-dasar kelistrikan
  1. Menerapkan dasar-dasar elektronika
  1. Menerapkan dasar-dasar teknik digital
  1. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3)
KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika
  1. Menerapkan konsep elektronika digital dan rangkaian elektronika komputer
  1. Menerapkan sistem mikroprosesor
  1. Menerapkan sistem mikrokontroller
  1. Mengoperasikan sistem operasi komputer
  1. Mengoperasian software aplikasi program dan gambar
  1. Menggambar teknik elektronika menggunakan komputer
  1. Mengoperasikan rangkaian elektronika terapan
  1. Mengoperasikan power supply elektronika industri
  1. Memahami komunikasi data sinyal digital antar peralatan elektronika
  1. Merakit perangkat keras komputer
  1. Memprogram peralatan sistem pengendali elektronik yang berkaitan akses I/O berbantuan mikroprosesor dan mikrokontroller
  1. Memprogram peralatan sistem pengendali elektronik yang berkaitan dengan I/O berbantuan PLC dan komputer
  1. Mengerjakan dasar-dasar pekerjaan bengkel elektronika
  1. Melaksanakan pemeliharaan peralatan elektronika sistem pengendali elektronika
  1. Merakit peralatan dan perangkat elektronik sistem pengendali elektronika
  1. Melaksanakan pemeliharaan peralatan elektronik sistem otomasi elektronika
  1. Merakit peralatan dan perangkat elektronik sistem otomasi elektronika
MUATAN LOKAL
  1. Bahasa Sunda
  1. Pendidikan Lingkungan Hidup
  1. Memasang instalasi listrik rumah tinggal sederhana
  1. Perawatan dan perbaikan peralatan listrik rumah tangga

 
4. Kimia Indusrti
BIDANG STUDI KEAHLIAN         :    TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :    TEKNIK KIMIA
KOMPETENSI KEAHLIAN            :    KIMIA INDUSTRI (053)

A. TUJUAN :

Tujuan Program Keahlian Kimia Industri adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  1. Melakukan pekerjaan baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang  Kimia Industri
  1. Memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam bidang kimia industri
B STRUKTUR KURIKULUM

KELOMPOK MATA PELAJARAN NORMATIF
  1. Pendidikan Agama
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Bahasa Indonesia
  1. Pendidikan Jasmani,  Olah Raga dan Kesehatan
  1. Seni Budaya
KELOMPOK MATA PELAJARAN ADAPTIF
  1. Matematika
  1. Bahasa Inggris
  1. Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Fisika
  1. Kimia
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial
  1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
  1. Kewirausahaan
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Menerapkan Keselamatan,
  1. Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  1. Menerapkan teknik dasar pekerjaan laboratorium kimia
  1. Menggunakan alat pemadam api
  1. Melaksanakan pengolahan limbah padat non B-3
KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Membaca skala ukur instrumen lokal
  1. Membaca diagram alir proses industri
  1. Mengoperasikan peralatan grinding dan sizing
  1. Mengoperasikan peralatan penukar panas sederhana
  1. Melaksanakan proses kimia dengan reaksi netralisasi
  1. Melaksanakan proses kimia dengan reaksi katalitik pada industri kecil-menengah
  1. Mengoperasikan peralatan distilasi
  1. Melaksanakan proses ekstraksi
  1. Mengoperasikan peralatan absorpsi dan adsorpsi
  1. Mengoperasikan peralatan penukar ion sederhana
  1. Melaksanakan proses elektrolisis
  1. Mengoperasikan peralatan evaporasi
  1. Mengoperasikan peralatan filtrasi
  1. Melaksanakan proses pengolahan limbah cair
  1. Melaksanakan proses pencampuran (mixing) bahan kimia
  1. Melaksanakan proses sublimasi mengikuti prosedur kerja
MUATAN LOKAL
  1. Bahasa Sunda
  1. Pendidikan Lingkungan Hidup
  1. Mengembangkan Industri Kecil Kimia
see you dipostingan selanjutnyaa, jaya selalu SMKN 1 GUNUNG PUTRI atau SKIEL 106. Jangan lupa baca-baca artikel kita yang lain ya, Contoh Pidato Tentang Kekerasan Pada Anak Dibawah Umur, dan Ingin Nonton Langsung Arsenal vs Indonesia Dream Team ? . 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar !